Select Page

Bupati Ony Anwar Harsono ingin tingkatkan kesejahteraan petani Kabupaten Ngawi dengan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian. Hal ini di sampaikan saat hadiri halal bi halal dan sarahsehan Ngawi Tani Mandiri di Pendopo Wedya Graha, kamis 02/05.

Dalam acara ini Bupati juga didampingi Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko yang sekaligus sebagai ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kabupaten Ngawi, Kepala OPD terkait, anggota kelompok tani dan anggota koperasi tani.

Ony Anwar Harsono dalam kesempatan ini juga mengatakan bahwa dari 70 persen mata pencaharian penduduk Kabupaten Ngawi sebagai petani, maka Pemkab memasukkan pertanian sebagai skala prioritas pembangunan.

Dijelaskan Bupati bahwa “ skala prioritas ini meliputi bagaimana pemerintah memberikan berbagai solusi terkait permasalahan pertanian semakin komplek seperti permasalahan pupuk, hama paska panen dan lain sebagainya”.

Dan untuk permasalahan pupuk, Bupati mengatakan bahwa kedepan ketersedian pupuk bersubsidi akan terus dipangkas oleh pemerintah pusat. Dengan hal ini Bupati Ony Anwar Harsono melalui Dinas ketahanan pangan dan Pertanian melakukan pelatihan dan pendampingan terkait program pertanian ramah lingkungan berkelanjutan.

Dimana dengan program ini diharapkan bisa mengembalikan kesuburan tanah dan meningkatkan kualitas pertanian yang berdampak pada kesejahteraan petani yang lebih baik.

Dari tema “ Sinergi membangun pertanian ramah lingkungan di Kabupaten” yang diambil dalam acara ini, semoga bisa menjadi sebuah komitmen bagi semua pihak baik pemkab maupun juga petani dalam meningkatkan pertanian di Kabupaten Ngawi agar menjadi lebih sejahtera lagi.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU mendukung pertanian ramah lingkungan dan diskusi yang dipimpin oleh ketua HKTI Kabupaten Ngawi.