Select Page

Usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Wakil Bupati, Ngawi Dwi Rianto Jatmiko tunjau renovasi monumen Pancasila yang ada di Desa Dempel, Rabu (01/06/22).

Diungkapkan Wabup Ngawi renovasi ini digagas Pemerintah Desa Dempel bersama purna Paskibraka Kabupaten Ngawi.

“Merenovasi monumen Pancasila merupakan salah satu upaya membangun motivasi masyarakat kita untuk mengingatkan kembali keberadaan tugu Pancasila di hampir setiap desa ada,” katanya.

Dwi Rianto Jatmiko berharap keberadaan tugu Pancasila tidak hanya wujud simbolis saja, tetapi harus mengilhaminya dalam kehidupan, “Disetiap langkah, dan dalam pengambilan kebijakan bahkan dalam tatanan kehidupan masyarakat,” lanjutnya.

Karena sejatinya, ditandaskan Wabup Ngawi bahwa Pancasila digali dari nilai luhur  yang tidak hanya untuk satu suku atau ras dan sebagainya tetapi seluruh khasanah budaya di nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Dwi Rianto Jatmiko berharap dari Desa Dempel ini dijadikan pijakan desa lainnya untuk mengingatkan kembali pentingnya pengamalan nilai – nilai Pancasila, “Dan salah satu bentuk pengamalannya di masyarakat adalah tradisi gotong royong dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan seperti tradisi bersih desa, kerja bhakti dan juga tolong menolong sesama tetangga yang sedang mempunyai hajatan serta kegiatan sosial lainnya,” pungkasnya.