Select Page

Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko bersama Forkopimda Ngawi serta pejabat eselon II Pemkab Ngawi ikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Pendopo Wedya Graha secara virtual, Rabu (01/06/22).

Upacara peringatan kali ini dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo secara hybrid dari Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggata Timur (NTT).

Dikesempatan ini, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi mengenakan pakaian adat Ende.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk membumikan nilai Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari.

“Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Diceritakan Jokowi, kota Ende merupakan kota bersejarah karena disinilah, Soekarno Presiden pertama RI, merenungkan dan merumuskan Pancasila.

Sementara Wabup Ngawi, usai ikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila menyampaikan di momentum ini berharap di Kabupaten Ngawi semakin terbangun suasana gotong-royong, dan teduh sehingga mampu mendorong bangkitnya semua aspek kehidupan masyarakat. “Dimulai dari kehidupan ekonomi sosial dan  budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat terutama setelah kita menjalani masa pandemi Covid-19,” tuturnya.

Selain itu Dwi Rianto Jatmiko juga berharap masyarakat semakin guyub rukun, memahami dan menjiwai nilai-nilai Pancasila, serta sekaligus  bisa hadir di tengah masyarakat Kabupaten Ngawi,” katanya.