Select Page

Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko didampingi Direktur PSKBS Kemensos RI, Iyan Kusuma Diana, Anggota Komisi VIII DPR RI, Ina Ammania resmikan Gedung Serbaguna Forum Keserasian Sosial (FKS) “Rejo Makmur” Desa Sidorejo Kecamatan Geneng, Sabtu (16/10/21).

Diungkapkan Iyan Kusuma, FKS merupakan program dari Kemensos RI secara langsung sebagai bentuk fasilitasi tempat bagi forum keserasian yang dibentuk oleh Kemensos untuk mendeteksi dini bibit radikalisme dan konflik sosial karena masyarakat dapat mengenal satu sama lain secara personal, “Juga bisa sebagai sarana tempat untuk komunitas lain yang memberikan manfaat seluas luasnya bagi masyarakat,” terangnya.

Ditambahkan Iyan, didalam Kemensos tidak hanya terfokus pada penanggulangan bencana, namun segala bentuk yang berhubungan dengan sosial,” Termasuk dengan adanya forum keserasian sosial ini dengan juga menjaga kearifan lokal didalamnya,” imbuhnya.

Sementara Wabup Ngawi dikesempatan ini bahwa mengatakan keberadaan gedung serba guna ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Desa Sidorejo dan berharap kedepan desa Sidorejo dan lainnya, di Kecamatan Geneng bisa menjadi daerah yang sejahtera dan tangguh, “Yang dimaksud tangguh disini adalah bagaimana agar Pemerintah Desa ini juga memiliki program terkait dengan penanganan kesejahteraan sosial ini yang bisa di programkan melalui program yang dilakukan oleh pemerintah desa baik ketahanan pangannya dengan melibatkan PKK, Kader Posyandu dan komunitas kelompok masyarakat desa lainnya untuk mencipatakan ketahanan pangan yang ada di desa melalui pemanfaatan pekarangan rumah dan sebagainya, seperti tanaman yang bisa menambah produktifitas keluarga sehingga mampu mengurangi kebutuhan pokok keluarga melalui produktifitas dari hasil pekarangannya tersebut,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini Dwi Rianto Jatmiko juga mengajak kerjasama dengan Kemensos beserta jajarannya, bersinergi dalam percepatan vaksinasi, karena cakupan yang luas, sehingha mampu menjangkau sasaran vaksinasi di Kabupaten Ngawi. “Kami minta sinergitas semuanya untuk percepatan vaksinasi ini, termasuk Kemensos beserta jajarannya, Tagana, pendamping PKH,dan seluruh petugas sosial masyarakat yang ada dibawah naungan Kemensos, untuk kita gerakan bersama,” tandasnya.

Ditegaskan Wabup Ngawi bahwa akselerasi vaksinasi ini bisa segera mewujudkan herd immunity di Kabupaten Ngawi, “Sehingga kita bisa leluasa melakukan program percepatan ekonomi, termasuk infrastruktur,” ujarnya.

Disela kegiatan ini, juga diserahkan bantuan sosial program penguatan kearifan lokal untuk Sanggar Seni Bodromojo, dan bantuan program keserasian kepada FKS Bersinar Desa Sidoarjo Kecamatan Geneng. (Kominfo)