Select Page

Pemerintah Kabupaten Ngawi menggelar deklarasi kampanye damai sebagai upaya menyatukan persepsi dan komitmen bagi peserta Pemilu. Dengan demikian Pemilu 2019 mendatang dapat berjalan aman, sejuk dan damai. Acara ini digelar di Gedung Kesenian Ngawi, Selasa malam (13/11).

“Harapan kita bersama adalah Pemilu 2019 nanti dapat berlangsung dengan lancar, aman dan damai. Dan, bisa berlangsung lebih baik dari sebelumnya, sehingga menjadi Pemilu yang berkualitas, berprestasi dan dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat,” ujar Sekkab Ngawi, M. Sodiq Triwidiyanto dalam sambutannya mewakili Bupati Ngawi yang berhalangan hadir dalam acara ini.

Sodiq  juga sampaikan untuk menghadapi Pemilu 2019, diperlukan persiapan termasuk mengedukasi masyarakat tentang pengetahuan politik, sebab ini nanti bisa menjadi kata kunci setiap penyelenggaraan Pemilu. “Rakyat harus dicerdaskan, agar bisa memilih pemimpinnya dengan cerdas dan cermat. Sementara untuk para calon juga harus mensosialisasikan visi dan misinya, terpenting lagi dikenali oleh rakyat,” tandasnya.

Sementara Dandim 05/08 Ngawi, Letkol Arh Hany Mahmudi dalam sambutannya menyampaikan TNI siap bersinergi dengan Kepolisian dan pemerintah daerah untuk mengawal sekaligus menjaga kondusifitas Pemilu 2019 yang akan datang. “Negara Indonesia terdiri bermacam suku, ras, dan agama. Kita TNI bersama Kepolisian dan pemerintah sepakat membuat negara aman, kondusif dalam Pemilu 2019 mendatang,” ungkapnya.  Hany Mahmudi juga berpesan kepada calon legislativ yang akan berlaga di Pemilu 2019, untuk melakukan kampanye dengan mengenalkan program kemasyarakatan yang akan dilaksanakan agar masyarakat kedepan lebih sejahtera, jangan lakukan black campaign, “Saling mengejek atau menimbulkan suasana tidak kondusif sekarang saatnya ditinggalkan, lebih baik menonjolkan program – program yang baik. sebab, kalau black campaign dilakukan hanya akan sebabkan perpecahan,” jelasnya.

Acara ini juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ngawi, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Ngawi, Ketua KPU Ngawi, Syamsul Wathoni, Ketua Bawaslu Ngawi Abjudin Wedyas , Ketua MUI Ngawi Halil Thahir, Ketua FKUB Ngawi, Ketua Partai Politik, Ketua Ormas, Tim Kampanye serta tamu undangan

Deklarasi Kampanye Damai ini diakhiri dengan penandatangan bersama sebagai wujud sinergitas lintas sektor dalam menjaga kondusifitas Pemilu 2019 mendatang, yang dilakukan Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan Ketua Parpol.(kominfo)