Select Page
pelantikan-TP-PKK

Pelantikan TP PKK oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Hj. Nina Soekarwo

Surabaya, Kamis (18/2/2016) sebanyak 17 calon Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/ Kota dan Ketua Dekranasda di seluruh Jawa Timur telah dilantik secara resmi oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Nina Soekarwo. Pelantikan yang digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya tersebut ditujukan kepada para istri bupati dan walikota hasil Pilkada serentak yang digelar 9 Desember tahun 2015 lalu. Para pasangan bupati/walikota terpilih sendiri telah dilantik sehari sebelumnya (17/2/2016).

Pukul 08.30 WIB agenda pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK  Kabupaten Kota se Provinsi Jatim  tersebut dimulai. Seperti diketahui, dari 19 daerah yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015, sebanyak 17 bupati/wali kota terpilih telah dilantik serentak, kecuali dua daerah, yaitu Pacitan yang masa akhir periodesasi 21 Februari 2016 dan Tuban yang berakhir 20 Juni 2016.

Dalam sambutannya Hj. Nina Soekarwo mengajak kepada para Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda yang baru dilantik untuk menjadi relawan yang tidak berpolitik praktis. Mereka diminta untuk mengedepankan netralitas didalam  menjalankan kepemimpinannya, karena PKK tidak berafiliasi dengan kelompok tertentu. Diungkapkan pula PKK telah memberikan sumbangsih sangat besar dalam pencapaian target MDGs (Millennium Development Goals). Karena Ketua Tim Penggerak Kabupaten Kota adalah sebagai ujung tombak PKK di daerah. “PKK tidak identik dengan Organisasi Wanita dan bukan kumpulan arisan. Tugas dan garapan PKK adalah mengurusi bayi sejak dalam kandungan hingga para lansia”, tutur istri Gubernur  Jatim, Soekarwo ini. Disampaikan pula bahwa Pekerjaan Rumah saat ini adalah menekan AKI (Angka Kematian Ibu)/AKB (Angka Kematian Bayi) juga perlu merevitalisasi program KB. Anggaran PKK dapat bersumber dari dana CSR yang tidak mengikat. Para Pembina TP PKK dalam hal ini  Bupati/Walikota diharap memfasilitasi pelaksanaan program PKK. Disinggung pula agar para Ketua Dekranasda mengambil langkah koordinatisdalam pengembangan produk daerah.

Ketua TP PKK Kab.Ngawi Antiek Budi Sulistyono tampak diantara Ketua TP PKK yang turut dilantik oleh Nina Soekarwo dalam kesempatan ini mengatakan akan segera melaksanakan dan meneruskan apa yang telah disampaikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim untuk mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Daerah masing-masing agar bisa bersaing dalam pasar bebas asia tenggara MEA (Masyarakat Ekonomi Asia). Selain itu Ketua TP PKK Kab.Ngawi akan meneruskan program-program PKK dan membantu mengembangkan Kab.Ngawi untuk semakin dikenal oleh Daerah-daerah lain.

Para Calon Ketua TP PKK dan Dekranasda yang dilantik tersebut  adalah Kabupaten Ngawi,  Jember, Ponorogo,  Lamongan, Kediri, Situbondo, Gresik, Trenggalek, Blitar, Mojokerto, Sumenep, Banyuwangi,  Malang,  Sidoarjo,  Kota Blitar,  Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya.

Skip to content