Select Page

Sepanjang tahun 2013 Kabupaten Ngawi menyabet lebih dari 18 penghargaan, baik di tingkat nasional maupun di tinggat provinsi, hal tersebut adalah suatu prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Ngawi.

DSC_0062a
1. Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Madya
Bupati Ngawi Ir.H. Budi Sulistyono menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2013 kategori tingkat Madya  dari Menteri  Pemberdayaan Pemperdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Ngawi sebagai kepala daerah yang memiliki komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Ibu ke-85 di TMII, Jakarta, Rabu 18 Desember 2013.
2. Adipura Kategori Kota Sedang
Penghargaan Piala Adipura bidang kebersihan dan pengelolaan kota diserahkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Bupati Ngawi Budi Sulistyono di Istana Negara. Penghargaan Adipura dua kali diterima Kabupaten Ngawi, tiba di Pendopo Wedya Graha pada Selasa malam (11/6/2013) jam 19.00 WIB.
3. Kota Layak Anak
Kabupaten Ngawi menerima penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Republik Indonesia Linda Gumelar. Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Ngawi yang telah menerapkan kebijakan pembangunan berbasis hak anak.
4. Kota Pusaka
Ngawi bersama 112 kabupaten/kota berkomitmen melaksanakan Program Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka (P3KP), dan merupakan upaya bersama pemerintah dan pemerintah daerah dalam melestarikan aset budaya dan mengelola ruang kota yang memiliki nilai-nilai pusaka untuk menciptakan Kota Pusaka Indonesia dan Kota Pusaka Dunia
5. Penghargaan Swasti Sabha Padapa Arutala
Kabupaten Ngawi meraih penghargaan sebagai Kabupaten Sehat (Swasti Saba) tahun 2013 dari kemenkes RI. Penghargaan ini diberikan pemerintah pusat karena Kabupaten Ngawi dinilai menjadi daerah yang bersih, nyaman, aman dan sehat.
6. Pakarti Utama I PHBS Tatanan Rumah Tangga Tingkat Nasional
Kabupaten Ngawi meraih penghargaan Pakarti Utama sebagai pelaksana terbaik PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) Tatanan Rumah Tangga Tingkat Nasional.
7. Persinga Ngawi Lolos Divisi Utama
Persinga memastikan promosi ke Divisi Utama untuk pertama kali. Setelah pada pertandingan lanjutan putaran II Divisi I Liga Indonesia grup 15 selasa, 24 Septembaer 2013 menahan Persipa Pati 0-0. Hasil imbang ini sudah cukup bagi Lambang Mulyono dkk untuk melenggang ke Divisi Utama, meski masih menyisakan satu laga kontra Persida Sidoarjo. Hasil seri kontra Persipa itu membuat Persinga kokoh di puncak klasemen dengan nilai 10, sekaligus memastikan diri sebagai juara grup. Poin itu tidak mungkin terkejar tim lain di grup 15, sekali pun di laga terakhir kontra Persida Sidoarjo hari ini Persinga gagal meraih poin.
8. Penghargaan Manggala Karya Kencana Bidang Kependudukan dan KB
Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono dan Ketua Tim Penggerak PKK Ngawi Ny. Antiek Budi Sulistyono menerima penghargaan Manggala Karya Kencana di bidang kependudukan dan KB, yang serahkan oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Penghargaan ini diterima atas keberhasilan pembangunan di bidang kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten Ngawi
9. Juara III Nasional Kategori Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) Melati Ngawi.
Kelompok Bina Keluarga Lansia Melati Kelurahan Karang Tengah Ngawi mewakili Kabupaten Ngawi dalam lomba BKL tingkat Nasional dan berhasil meraih juara III. Kegiatan BKL Melati cukup produktif dan inovatif, banyak produk yang dihasil oleh para lansia yang tergabung pada BKL ini.
10.Pengelola Pasar Desa Terbaik Tingkat Provinsi Jatim
11.Juara I Tingkat Provinsi Jatim Kategori Kader Teladan Bina Keluarga Remaja (BKR)
12.Juara II Kategori Duta KB Mandiri Tingkat Provinsi Jatim
13.Juara I Bina Keluarga Balita (BKL) Tingkat Provinsi Jatim
14. Juara I Bina Keluarga Remaja (BKR) Tingkat Provinsi Jatim
15.Juara I Posyandu Tingkat Provinsi Jatim
16.Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jatim
17.Pelopor Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tingkat Provinsi Jatim
18.Juara I Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi Jatim