Select Page

Suasana yang terik, Minggu (04/12) tak menyurutkan minat warga sekitar ‘Benteng Pendem’ tepatnya Desa Pelem, Kecamatan Ngawi, karena hari itu memang ada yang beda. Sejak pagi warga menanti perayaan ‘HUT YON ARMED’ ke-66 tahun 2011. Sekitar pukul 10.30 WIB terbayarlah penantian warga karena terdengar Genderang suara iringan Barongsai dan langsung dilanjutkan dengan upacara pembukaan HUT ARMED ke-66.

Kegiatan tersebut diawali dengan acara seremoni di YON ARMED 12 Ngawi yang dipimpin langsung oleh Danyon Armed 12, Letkol Soegeng R, dengan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar,ST. Selanjutnya Barongsai dan Naga terbangnya dibawa ke Alon-Alon Merdeka Ngawi untuk diarak sampai ke Benteng Pendem.

Bukan rahasia umum bahwa selama ini kawasan Benteng Pendem adalah kawasan tertutup. Dengan adanya perayaan ‘HUT YON ARMED’ yang dipusatkan di Benteng Pendem, menandakan bahwa mulai saat itu juga Benteng Pedhem telah terbuka untuk umum dan menjadi salah satu ikon ‘Wisata Sejarah’ untuk Ngawi.

Ada alasan yang membuat Benteng Pendem tetutup selama ini adalah tersimpannya amunisi di dalam Benteng dan juga alasan wingit (angker). Selama ini memang sama sekali tidak tersentuh oleh masyarakat, sehingga boleh jadi itu sebabnya kawasan benteng justru menjadi angker. Dan kini amunisi tersebut telah dipindahkan ke asrama Yon Armed 12 Ngawi sehingga Benteng Pendhem kini bisa dikunjungi siapa saja dengan harapan juga ke-wingit-an yang ada bisa sedikit luntur dengan ramainya pengunjung.

Dalam perayaan HUT YON ARMED ke-66 tahun 2011 ini memiliki pesan yang disampaikan oleh Letkol Soegeng R. “Ingin menghidupkan Ngawi dan mencari suasana yang beda dengan menampilkan barongsai”, terang komandan ARMED. Selain itu juga ada pesan untuk anggota agar menjadi prajurit harus memiliki ketrampilan selain ketrampilan berperang.

Kemeriahan itu didukung oleh 70 anggota yang mengisi acara, diantaranya dari perkumpulan Barongsai Elang Terbang Semarang, Naga Doreng dari Artileri Pertahanan Udara (ARHANUD) Semarang. Naga Doreng Yon ARMED 12 Ngawi sendiri menampilkan performen luar biasa walaupun hanya latihan sehari sebelumnya. HUT YON ARMED ke-66 kali ini mengusung tema “Dengan Dilandasi Semangat Patrotisme dan Militansi Yang Tinggi, Prajurit Admed Siap Memingkatkan Profesionalisme dan Soliditas Korps Guna Menuju Kesiapan Operasional Satuan”. (infongawi)